Selasa, 12 April 2011

MACRO FLASH MEDIA
• Pengenalan interface Macromedia Flash 8

Sebelum memulai membuat objek (animasi), anda perlu mengenal beberapa interface dalam macromedia flash 8. Interface-interface tersebut nantinya akan banyak membantu anda mengatur atau mengedit objek animasi yang digunakan.
Salah satu bagian terpenting dalam interface macromedia flash 8 adalah Drawing Tools yang berguna untuk membuat dan memanipulasi gambar atau objek, bila saya perhatikan macromedia flash 8 tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya.Drawing Tools dibagi menjadi 4 bagian yaitu : Tools, View, Colors dan Options.
• Toolbox



Tools
Tool berfungsi untuk mengatur atau mengedit objek atau animasi yang sedang kita buat. Tool ini juga adalah salah satu bagian terpenting dalam macromedia flash 8.
> Arrow Tool, digunakan untuk memilih objek. Dengan sebuah klik berarti kita memilih objek tersebut, dengan klik ganda berarti kita memilih objek dan seluruh komponen yang dimilikinya.
> Subselect Tool, digunakan untuk memodifikasi suatu garis yang dibuat dengan Pen Tool.
> Free Transform Tool, digunakan untuk memodifikasi bentuk dari suatu objek.
> Fill Transform Tool, digunakan untuk memodifikasi bentuk dan posisi dari gradient fills.
> Line Tool, digunakan untuk membuat garis. Bila kita membuat garis sembari menekan tombol SHIFT, maka akan terbentuk garis yang tepat horizontal, vertical atau miring 45 derajat.
> Lasso Tool, digunakan untuk memilih suatu area secara tidak teratur. Semua yang termasuk areanya akan terpilih.
> Pen Tool, digunakan untuk membuat kurva-kurva atau bentuk bebas.
> Text Tool, digunakan untuk membuat teks box yang dapat kita isi dengan berbagai tulisan.
> Oval Tool, digunakan untuk membuat objek elips (oval). untuk membuat lingkaran sempurna, pergunakan tool ini sembari meneka tombol SHIFT.
> Ractangle Tool, digunakan untuk membuat bentuk persegi. Bila kita ingin membuat bentuk bujur sangkar secara sempurna, gunakan tool ini sembari menekan tombol SHIFT.
> Pencil Tool, digunakan untuk membuat garis. Bila kita membuat garis sembari menekan tombol SHIFT, maka akan terbentuk garis yang tepat horizontal, vertical atau miring 45 derajat.
> Brush Tool, digunakan untuk menggambar dengan kuas secara bebas, tool ini mempunyai beberapa pilihan untuk mengontrol beberapa efek dari sapuan kuas kita.
> Ink Bottle Tool, digunakan untuk mewarnai suatu garis.
> Paint Bucket Tool, digunakan untuk memodifikasi warna dan gradasi warna didalam suatu objek.
> Eyedropper Tool, digunakan untuk mengambil warna yang berasal dari suatu objek didalam stage sehingga kita bisa menyamakan warna ketika menggambar.
Eraser Tool, digunakan untuk menghapus suatu gambar/objek.

View
> Hand Tool, digunakan untuk menggulung stage disegala arah seolah oleh anda menggunakan scroller 360 derajat.
> Zoom Tool, digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan objek.

Colors
> Stroke Color, digunakan untuk memodifikasi outline/border warna suatu objek.
> Fill Color, digunakan untuk memodifikasi isi warna pada objek.

Options
bagian options menyediakan tool setting yang menyertai tool yang sedang aktif.
• Stage
Stage adalah area tempat kita bekerja dan membuat objek atau animasi. Ibarat kita seorang Pelukis, stage adalah kertas gambarnya.

• Timeline
Timeline adalah jalur/garis untuk mengatur berjalannya animasi dari frame ke frame.

• Panel
Panel merupakan kotak dialog yang berguna untuk melihat, mengatur dan mengubah elemen-elemen atau objek didalam macromedia flash 8. Color serta Library juga termasuk kepada panel.

• Property Inspector
Property inspector dalam Flash berisi property dari objek yang kita pilih menggunakan Selection Tool. Tiap objek yang kita pilih memilikin property yang berbeda-beda dengan objek lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar